Jaminan BPJS Kesehatan !!!

Daftar Perawatan Gigi yang Dijamin BPJS Kesehatan

Perawatan gigi merupakan salah satu jenis pelayanan kesehatan yang bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, pasien harus memerhatikan bahwa pelayanan kesehatan tidak mencakup perawatan untuk tujuan estetika seperti memasang kawat, meratakan gigi, dan sejenisnya. Ada beberapa daftar perawatan gigi yang dijamin BPJS Kesehatan memang terbatas. Seperti apa pelayanan kesehatan untuk perawatan gigi yang dijamin oleh BPJS? Berikut beberapa poin ulasan terkait hal tersebut. Yuk simak!Jaminan BPJS Kesehatan

1. Cakupan Pelayanan Kesehatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Perawatan gigi dengan biaya yang mahal menjadi alasan beberapa orang untuk malas pergi ke dokter gigi dan melakukan perawatan demi kesehatan gigi dan mulut. Namun, hal tersebut kini bisa diatasi dengan jaminan layanan kesehatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan. Daftar perawatan gigi yang dijamin BPJS Kesehatan antara lain sebagai berikut:

Jaminan BPJS Kesehatan

  • Administrasi pelayanan yang mencakup pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain selama proses perawatan gigi pasien.
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis pasien dengan dokter.
  • Pengobatan awal sebelum tindakan pencabutan gigi oleh dokter gigi.
  • Kondisi gawat darurat ortodental.
  • Pencabutan gigi sulung, pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
  • Obat pasca ekstraksi
  • Penambalan gigi dengan GIC (semen IC) dan komposit.
  • Pemasangan gigi palsu dan Scaling gigi atau pembersihan karang gigi.

2. Prosedur dan Mekanisme Pendaftaran Pelayanan Penyakit Gigi

Untuk bisa menggunakan layanan kesehatan dari BPJS terkait dengan perawatan gigi, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dulu oleh pasien. Beberapa prosedur pendaftaran pasien yang ingin melakukan perawatan gigi dengan jaminan dari BPJS Kesehatan antara lain:

  • Mendatangi Faskes tingkat 1 dan lakukan pemeriksaan gigi awal disana.
  • Dokter gigi yang melakukan tindakan di Faskes tingkat 1 akan memberikan pasien obat hingga proses penyembuhan atau menyarankan untuk dirujuk ke rumah sakit demi mendapatkan penanganan spesialis. Bila ada rujukan, maka pasien wajib melakukan pemeriksaan lanjutan.
  • Lanjutkan perawatan dengan mendatangi rumah sakit yang dituju, sambil membawa surat rujukan dari Faskes tingkat 1, pasien akan mendapatkan layanan perawatan gigi di rumah sakit yang dilakukan oleh dokter spesialis.
  • Lengkapi administrasi berupa berkas atau surat yang diperlukan untuk klaim BPJS Kesehatan.

3. Proses Pelayanan dan Tindakan

Setelah melengkapi administrasi pendaftaran pasien, maka selanjutnya pasien akan menerima beberapa tindakan dari dokter gigi berdasarkan indikasi medis yang telah didiagnosa sebelumnya. Tindakan tersebut meliputi pemeriksaan, perawatan, pemberian tindakan, obat dan bahan medis habis pakai yang dibutuhkan pasien. Setelah mendapat penanganan, maka pasien wajib menandatangani bukti pelayanan sebagai syarat klaim Kesehatan.

4. Subsidi Untuk Pemasangan Gigi Palsu

Pemasangan gigi palsu masuk ke dalam daftar perawatan gigi yang dijamin BPJS Kesehatan. Maka, pasien bisa memasang gigi palsu dengan mengikuti prosedur pendaftaran untuk klaim BPJS. Besaran subsidi untuk pemasangan gigi palsu antara lain:

  • 1-8 gigi palsu, disubsidi Rp 250.000 per rahang.
  • 9-16 gigi palsu (1 rahang sekaligus), disubsidi Rp 500.000,-
  • 2 rahang sekaligus disubsidi Rp 1.000.000,-

5. Tambal Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Jenis tambal gigi yang ditanggung oleh kartu Kesehatan ini adalah penambalan gigi atas dasar indikasi medis dari dokter gigi. kartu Kesehatan ini menjamin biaya untuk layanan kesehatan berupa penambalan gigi yang tumbatannya terbuat dari GIC atau semen IC dan bahan komposit (sewarna gigi, terbuat dari resin komposit).

Demikian beberapa penjelasan terkait dengan daftar perawatan gigi yang dijamin Kesehatan. Dengan mengetahui jenis layanan kesehatan gigi tersebut, anda bisa memaksimalkan fasilitas kesehatan yang ditanggung oleh kartu Kesehatan ini dengan nyaman. Semoga bermanfaat!