Posisi tidur untuk orang hamil 5 Bulan

Kehamilan adalah masa yang dinantikan bagi setiap wanita. Saat tahu dirinya hamil, tentu calon ibu akan melakukan yang terbaik untuk janin yang ada dalam kandungannya. Beberapa hal menjadi pertimbangan ibu hamil untuk memastikan kondisi janinnya dalam keadaan baik-baik saja. Selain rutin mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan, ada juga hal lain yang harus dipikirkan.

sehat1

Mencari tahu posisi tidur yang baik menjadi satu diantara problem bagi seorang ibu hamil selain nutrisi janin. Hal ini disebabkan kondisi perut yang memungkinkan ibu hamil untuk kesulitan untuk tidur dengan nyaman. Gangguan tidur pun menjadi sering dialami seperti kram, sakit punggung, atau yang lainnya. Keluhan tersebut memang dampak dari posisi tidur yang tidak lagi bisa nyaman seperti semula. Nah, bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Berikut ulasannya untuk anda!

sehat2

1. Memakai Bantal

Bantal termasuk kebutuhan yang paling penting ketika memasuki usia kehamilan muda. Memakai bantal ketika tidur akan membantu menopang sebagian besar tubuh seperti kepala dan kaki. Menggunakan bantal, membuat sirkulasi darah juga bisa lancar dan meminimalkan risiko buruk lainnya. Gunakan bantal yang empuk dan lembut di bagian penting seperti kepala dan bahu.

2. Bantal Diantara Perut

Selain dibutuhkan untuk menopang bagian kepala, bantal juga bisa menopang perut yang mengalami ketidaknyamanan selama hamil muda. Tidur dengan bantal di atas perut akan membantu ibu hamil agar tidur lebih nyaman karena ada tekanan ringan seperti efek sentuhan.

3. Bantal di Punggung

Menaruh bantal di punggung juga membantu tubuh terasa rileks saat istirahat. Ibu hamil membutuhkan sandaran yang empuk di setiap bagian tubuhnya. Nah, ketika punggung sudah terasa sakit dan tidak nyaman, bisa diatasi dengan meletakkan bantal di punggung.

4. Bantal Dibawah Lutut

Bantal yang diletakkan di bawah lutut juga bisa membuat nyaman ibu hamil. Badan yang terasa berat ketika hamil menyebabkan penumpu tubuh yaitu kaki membutuhkan sandaran untuk sejenak merasakan rileks. Meletakkan bantal di bawah lutut, akan memberikan kenyamanan sehingga otot di bagian tersebut tidak selalu tegang.

5. Dengan Memeluk Guling

Tidak hanya memberikan rasa nyaman, ternyata guling juga bisa membuat stres sedikit mereda. Ibu hamil bisa mengambil posisi memeluk guling  yang akan membuat nyaman ketika beristirahat.

6. Posisi Tidur Untuk Hamil 3-5 Bulan

Pada usia kehamilan 1 bulan hingga tiga bulan pertama mungkin tidak ada rasa tidak nyaman ketika tidur. Memasuki bulan ketiga seorang wanita hamil akan mulai tidak nyaman dengan posisi tidurnya. Memilih terlentang bisa merupakan solusi bagi anda yang tengah hamil 3 bulan. Kondisi perut pada usia kehamilan 4 bulan akan semakin membesar.  Hal ini membuat ibu hamil lebih nyaman menggunakan posisi tidur miring. Posisi tidur miring saat empat bulan kehamilan disarankan mengarah ke kanan.

Diusia kehamilan 5 bulan, anda yang sudah melakukan posisi tidur miring ke kanan di bulan sebelumnya bisa menggantinya dengan posisi miring ke kiri. Hal ini dilakukan sebagai langkah  menjaga keseimbangan organ yang menjadi tumpuan, sehingga posisi organ juga tetap stabil.

Dengan mengetahui posisi tidur yang benar bagi ibu hamil di usia 0-5 bulan kehamilan, akan semakin mengurangi risiko buruk pada kehamilan. Nah, posisi tersebut aman diterapkan dan telah dianjurkan para ahli kandungan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Semoga bermanfaat!